Minggu, 13 Oktober 2019

Panduan belajar membuild Aplikasi Android dengan AIDE v3.2



Panduan belajar membuild Aplikasi Android dengan AIDE v3.2

Halo sahabat InFoMedia, kali ini kita akan belajar membuat & membangun atau bahasa programmingnya membuild suatu aplikasi Android dengan menggunakan Android. Loh kok, emang bisa ya membuat aplikasi Android dengan menggunakan Android itu sendiri? 
Nah pasti diantara kalian mempunyai pemikiran seperti itu bukan? Jangan bingung dan jangan heran, InFoMedia akan menjelaskannya dengan detail dan mudah dipahami kok. Oke, kita akan langsung masuk pembahasannya ya hehe…
Baiklah, untuk sahabat yang masih bingung masalah proses pembuatan aplikasi Android dengan menggunakan Android, simak baik-baik penjelasan berikut, untuk bahan utama atau software Android yang kita akan gunakan dalam pembuatan aplikasi adalah AIDE – Android Integrated Development Environment.

Silahkan unduh di Google Play.


GET IT HERE 

Setelah berhasil terinstall, buka dan mulailah dengan project baru.
Kali ini, pada pengenalan basic programmingnya, kita akan membuild aplikasi sederhana yang menampilkan teks Hello World. Bagaimana caranya?
Pertama, buka aplikasi AIDE nya lalu pilih pada bagian For Expert (artinya kita akan membuat aplikasi nya dari 0 sampai jadi), ditujukan untuk yang sudah jago ya seperti saya hehe, *bercanda*


Langkah selanjutnya kita pilih pada bagian New Android App (SDK). Kenapa SDK? Sebab kita akan membuat aplikasi nya dengan Java dan Xml. Untuk NDK (Native) menggunakan bahasa pemrograman yang sangat sulit yakni bahasa pemrograman C/C++, saya sarankan untuk pemula belajarlah dari bahasa pemrograman JAVA.


Next step, kita coba masukan data seperti pada gambar. Isi nama aplikasi sesuai keinginan kalian, disini saya akan menamakannya AplikasiPertama, dan untuk fungsi package name adalah nama company aplikasi kita, biasanya nama package akan diawali dengan “com.bla.bla.bla”



Tahapan berikutnya, kita akan masuk pada tampilan XML yang dimana fungsinya adalah sebagai kerangka aplikasi. Maksudnya gimana, kok kerangka? Jadi begini, untuk pembuatan aplikasi Android ada 2 peranan penting yang harus sahabat tau, fungsi XML sebagai badan dan kerangka, lalu diiringi dengan JAVA sebagai otak komponennya, bayangin jika tubuh kita hanya terdiri dari badan dan kerangka tulang sendi-sendi namun tidak ada otak sebagai perintah agar sendi-sendi maupun kerangka kita dapat bergerak dan berfungsi. Nahh.. pada program seperti itu pula konsekuensinya, prosedurnya, XML tidak akan berguna jika tanpa diiringi JAVA sebagai pusat perintahnya. Sebaliknya juga demikian, JAVA tanpa XML (Tampilan Layout) yang mendukung tidak akan tercipta suatu aplikasi Android.



Oke lanjut, pada bagian ini, kita tidak perlu mengotak-atik coding bawaan aplikasi nya dahulu, biarkan default, sebab disini kita akan membuild aplikasi dengan menampilkan konteks Hello world. Pada Activity Java (MainActivity.java) juga demikian, biarkan default. Lanjut pada next step (final).


Langkah terakhir, enjoy! Tinggal klik Run saja, kalian langsung dapat menginstallnya, dan taarraaaa….!!! Build aplikasi pertama kalian telah berhasil, dengan menampilkan teks Hello world! 





Kerennnn bukan? Untuk yang masih awal ini merupakan satu tahapan berharga yang sangat bermanfaat, karna untuk kedepannya pasti akan mengalami kemajuan sehingga bisa membuat aplikasi yang dapat bermanfaat dan berguna bagi orang lain, tentunya juga dapat di publikasikan ke Google Play milik Google. Sahabat dapat mengapresiasikan karya indah programmingnya dengan menjual atau memasangnya di Store. Tentu akan mendapat review dan feedback oleh setiap user yang mendownload. Selamat ya….

Semoga InfoMedia akan selalu memberikan info menarik dan bermanfaat untuk kedepannya, makadari itu jangan ragu untuk selalu mengujungi blog ini, dan bantu mempromosikannya hehe…

Jangan lupa follow blog ini ya 🙂
Terimakasih, dan sampai jumpa di next tutorial seputar pengetahuan.


EmoticonEmoticon