Sabtu, 04 Januari 2020

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI DARI ZAMAN DULU SAMPAI SEKARANG



JENIS-JENIS SISTEM OPERASI DARI OLD SAMPAI NOW


Sebelumnya kita bahas adalah mengenai pengertian sistem operasi beserta fungsinya. Dan sekarang yang kita bahas adalah jenis-jenis dari sistem operasi yang dibuat oleh manusia dari zaman dahulu sampai zaman sekarang sesuai dengan perkembangannya. Simak berikut ini.

Ada empat kategori dari sistem operasi yang umum dan biasa digunakan sebagai sistem operasi di dalam sebuah komputer. Berikut ini adalah keempat kategori sistem operasi tersebut :

Sistem Operasi Stand Alone


Sesuai namanya, sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

Sistem Operasi Jaringan


Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan juga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

Sistem Operasi Embedded


Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi computer, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

Sistem Operasi Live Cd


Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkat penyimpanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.


EmoticonEmoticon